Selasa, 12 Februari 2008

Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI YANG BERMORAL

Penyusun : M. Anshor Sja’roni, S.Sos

Standar Kompetensi : Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
Kompetensi Dasar : Mendeskrepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
Indikator :
1. Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral
2. Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
3. Mewujudkan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial &
ekonomi yang bermoral

PENGANTAR
Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebagaimana kita ketahui, manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah sebagai kalifah di muka bumi. Berbagai tugas dibebankan Allah pada manusia selama manusia menempati hamparan muka bumi ini. Inti tugas itu adalah beribadah kepada Allah. Lalu, bagaimana bentuk ibadah itu? Bentuk beribadah yang dimaksud tidak lain adalah menyembah kepada Allah dengan menunaikan kewajiban-kewajiban seperti salat, puasa, zakat, dan ibadah haji serta beramal baik dan berakhlak yang baik pula. Di samping itu, agar manusia dapat menjalankan ibadah tersebut dengan baik, mereka harus memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti makan, pakaian, rumah, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa selama manusia hidup di dunia, dia harus memenuhi kebutuhan hidupnya, baik berupa kebutuhan yang bersifat materi maupun kebutuhan yang bersifat sosial.
Dari uraian di atas itulah ilmu ekonomi kemudian dikembangkan. Para ilmuan ekonomi kemudian membedakan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sekarang mari kita pelajari apakah makhluk sosial dan makhluk ekonomi itu?

A. Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Di dunia ini mustahil manusia dapat hidup seorang diri. Manusia akan selalu membutuhkan orang lain dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam ilmu sosiologi kita telah pelajari tentang interaksi sosial dan tentang sosialisasi. Di situ dipelajari bahwa hidup seseorang akan terkucil, sendirian, dan menjadi gila jika tidak mampu bersosialisasi dan tidak mau berinteraksi dengan orang lain.
Di samping itu, manusia tidak dapat dipisahkan dari kelompok masyarakat, karena memang manusia sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berinteraksi dalam hal-hal tertentu dengan masyarakat. Manusia mempunyai naluri hidup bersama dengan orang lain. Naluri hidup bersama itu disebut gregariousness.
Jadi dapat dikatakan bahwa manusia disebut sebagai makhluk sosial (homo socialis) karena selalu berinteraksi dengan manusia lainnya dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari.

B. Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Walaupun manusia membutuhkan manusia lainnya dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari, tetapi manusia tetap memiliki otonomi untuk menentukan nasibnya sendiri. Secara pribadi, manusia harus memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya.
Kita tentu paham bahwa setiap manusia mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam. Setiap manusia butuh makan dan minum agar tetap hidup. Manusia membutuhkan pakaian untuk dapat bergaul dengan baik dengan manusia lainnya. Manusia juga butuh rumah sebagai tempat berlindung. Pendidikan, kesehatan, hiburan, dan kebutuhan lainnya juga diperlukan manusia agar hidup lebih layak.
Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, manusia butuh uang. Untuk mendapatkan uang, manusia harus bekerja. Setelah bekerja dan mendapatkan uang, uang itu kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Di samping itu, uang tersebut ditabung untuk kebutuhan-kebutuhan yang akan datang. Jadi, manusia selalu penuh perhitungan dalam hidupnya. Karena itulah manusia disebut makhluk ekonomi (homo economicus) karena manusia selalu memikirkan upaya untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi.

C. Hubungan Antara Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi yang Bermoral

Bagaimanakah menghubungkan ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi di atas? Bisakah manusia melakukan dua ciri itu sekaligus dalam kehidupan sehari-hari? Jawabannya tentu saja bisa. Lalu bagaimana caranya?
Jika manusia dalam usaha memenuhi keinginan dan kebutuhan pribadinya menggunakan segala cara tanpa memperdulikan apakah cara yang ditempuh itu halal atau haram, merugikan orang lain atau dengan jalan yang tidak baik, maka manusia itu akan menjadi serigala bagi manusia lainnya. Manusia yang sudah menjadi serigala bagi manusia lainnya akan menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya. Mereka sering mengorbankan orang lain. Mereka tidak peduli apakah orang lain itu rugi akibat perbuatannya. Mereka tidak malu untuk mencari uang dan kekayaan meskipun dengan cara yang curang. Manusia yang menjadi serigala bagi manusia lain disebut homo homini lupus.
Sedangkan kita tahu, manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini. Dalam melakukan aktivitas, termasuk bekerja dan usaha mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita selalu membutuhkan bantuan dan kerja sama dari orang lain. Karena itu, kita tidak boleh berlaku seenaknya sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bukankah kita hidup bermasyarakat? Maka kita harus memiliki moral dan akhlak ketika kita menjalankan fungsi sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Tugas
I. Jelaskan konsep-konsep / kata-kata kunci di bawah ini!
1. makhluk sosial
2. makhluk ekonomi
3. gregariousness
4. homo homini lupus
5. homo homini socius
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Tulislah sebuah cerita yang menggambarkan manusia sebagai makhluk sosial!
2. Tulislah sebuah cerita yang menggambarkan manusia sebagai makhluk ekonomi!
3. Tulislah sebuah cerita yang menggambarkan manusia yang mampu menjalankan
fungsi sebagai makhluk sosial sekaligus makhluk ekonomi yang bermoral!
4. Tulislah sebuah cerita yang menggambarkan manusia yang tidak mampu
menjalankan fungsi sebagai makhluk sosial sekaligus makhluk ekonomi!

III. Unjuk Kerja
Wawancarailah orang tuamu di rumah! Tanyakanlah pengeluaran anggota keluargamu dalam sebulan! Setelah data terkumpul, masukkan ke dalam tabel dan bandingkanlah dengan hasil kerja temanmu yang lain di kelas!

5 komentar:

ChYnTiA_AcKLeZ mengatakan...

MaKasIh bGt bWat PaK aNsHoR yG uDh mW mMbrIkAN iNfoRmaSI2 yG kMi (pLaJaR) bTuHkAN .... sMogA bLogny tMbH mJu ... aMin ... SenYum cRia sLaLu iA pAK !!!! ^_^

ChYnTiA_AcKLeZ mengatakan...

MaKasIh bGt bWat PaK aNsHoR yG uDh mW mMbrIkAN iNfoRmaSI2 yG kMi (pLaJaR) bTuHkAN .... sMogA bLogny tMbH mJu ... aMin ... SenYum cRia sLaLu iA pAK !!!! ^_^

Mini 4WD Fans mengatakan...

mksH yaw....

Godangisina mengatakan...

wahh infonya bagus untuk bahan kulia

Godangisina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.