Selasa, 12 Februari 2008

Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

TINDAKAN EKONOMI BERDASARKAN MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI

Penyusun : M. Anshor Sja’roni, S.Sos


Standar Kompetensi : Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian tindakan ekonomi
2. Menyebutkan tiga contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan pengertian motif ekonomi
4. Menjelaskan motif ekonomi dan nonekonomi yang mendorong seseorang melakukan
kegiatan pokok ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
5. Menjelaskan pengertian prinsip ekonomi
6. Menjelaskan penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan pokok ekonomi dalam
kehidupan sehari-hari


A. Tindakan Ekonomi

Pada bab terdahulu, kita telah membahas manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral. Pada pembahasan tersebut telah diungkapkan bahwa manusia selalu memikirkan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selama manusia hidup di dunia, mereka tidak akan berhenti untuk terus berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Sejak kita lahir ke dunia hingga kita dewasa dan menjadi tua, kita selalu butuh makan dan minum, kita butuh pakaian dan rumah sebagai tempat berteduh, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
Lalu, bagaimana cara manusia memenuhi berbagai kebutuhannya? Ketika kita kecil, kita masih bergantung pada orang tua. Orang tualah yang memikirkan bagaimana caranya memenuhi kebutuhan keluarga. Ketika kita besar dan dewasa, tanggung jawab orang tua semakin berkurang. Kita sendiri yang berpikir bagaimana caranya memenuhi kebutuhan hidup kita. Pada jaman sekarang untuk memenuhi kebutuhan manusia butuh uang. Uang didapat dari bekerja. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia jaman sekarang harus bekerja.
Bagaimana orang jaman dulu, ketika belum ada uang, memenuhi kebutuhannya? Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, manusia jaman dulu mengambil langsung dari alam. Mereka berburu menangkap binatang atau ikan dan mencari buah-buahan dan dedaunan yang tumbuh di lingkungan sekitar. Mereka pergi ke gua dan pohon tinggi besar sebagai tempat berteduh dan tidur. Untuk pakaian mereka menggunakan dedaunan yang lebar.
Jadi, dari jaman dulu sampai jaman kita sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia harus bekerja. Jaman dahulu manusia bekerja dengan jalan mengambil langsung dari alam dan mengolah alam untuk menghasilkan makanan. Jaman sekarang manusia bekerja demi mendapatkan uang untuk dibelanjakan berbagai kebutuhan hidup. Manusia yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut melakukan tindakan ekonomi atau kegiatan ekonomi. Tidak hanya itu, ketika kita membeli barang atau menggunakan / memanfaatkan barang, berarti kita melakukan kegiatan ekonomi, yaitu kegiatan konsumsi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya manusia melakukan tindakan / kegiatan ekonomi.
Tindakan ekonomi terdiri atas tiga kegiatan pokok ekonomi, yaitu (1) kegiatan produksi, (2) kegiatan konsumsi, dan (3) kegiatan distribusi. Tiga kegiatan pokok ekonomi ini akan kita bahas lebih lengkap pada bab lain.

B. Motif Ekonomi

Apakah motif ekonomi itu? Motif berasal dari bahasa Inggris, motive, yang berarti dorongan. Secara sederhana, dorongan atau alasan yang membuat orang mau melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Lebih jelasnya, yang dimaksud motif ekonomi adalah suatu kekuatan yang mendorong orang untuk melakukan tindakan / kegiatan ekonomi.
Mengapa orang mau bekerja? Apa yang membuat petani mau bekerja di sawah? Apa yang mendorong nelayan mau bersusah payah mengarungi lautan luas mencari ikan? Apa yang membuat ayah atau ibu kita siang malam bekerja di kantor? Ada dua alasan mengapa orang melakukan kegiatan ekonomi, yaitu alasan ekonomi (motif ekonomi) dan alasan di luar ekonomi (motif nonekonomi).
Secara garis besar, motif ekonomi yang mendorong seseorang mau melakukan tindakan ekonomi karena seseorang itu ingin:
1. mendapat laba / keuntungan.
2. mendapat kepuasan atau kenikmatan sebesar-besarnya.
Sedangkan motif nonekonomi yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi karena seseorang itu ingin :
1. membantu orang lain.
2. mendapatkan penghargaan dan penghormatan dari masyarakat.
3. mendapatkan kedudukan atau jabatan di masyarakat.

C. Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir yang digunakan manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi
Dasar berpikir dalam prinsip ekonomi adalah:
 “ dengan pengorbanan tertentu diperoleh kepuasan sebesar-besarnya” atau
 “dengan pengorbanan sekecil-kecilnya demi mendapatkan kepuasan tertentu”
Mari kita pahami maksud dari kalimat yang menjadi dasar berpikir dari prinsip ekonomi di atas.
Misalnya ayah kita mempunyai perusahaan yang memproduksi sepatu. Sebelum sepatu dibuat, ayah kita menghitung berapa kira-kira biaya untuk memproduksi sepatu dan berapa harga jual sepatu itu. Jika ayah menerapkan prinsip ekonomi, maka ayah berusaha untuk menekan biaya pembuatan sepatu sekecil-kecilnya untuk mendapatkan laba atau keuntungan tertentu, sesuai harapan ayah.
Contoh yang lain, marilah kita ikuti seorang ibu yang sedang belanja di pasar. Ibu itu telah mencatat barang-barang yang akan dibeli. Ibu itu mengecek berapa uang yang dimilikinya. Jika ibu itu menerapkan prinsip ekonomi, apa yang akan dilakukan ibu itu? Tentu saja ibu itu menghitung uang yang dimilikinya agar cukup untuk belanja. Bahkan kalau bisa sisa. Bagaimana caranya? Jika barang yang akan dibeli banyak sedangkan uang yang ada kurang, maka yang dilakukan adalah membuat skala prioritas. Ibu itu harus menetapkan barang apa yang paling penting dan mendesak untuk dibeli dan barang apa yang paling tidak penting dan tidak mendesak untuk dibeli. Di samping membuat skala prioritas, ibu itu harus mencari informasi di mana bisa memperoleh barang-barang dengan harga yang lebih murah.
Sekarang, coba kalian membuat contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupanmu sebagai seorang siswa!

Tugas
I. Jelaskan konsep / kata kunci di bawah ini!
1. tindakan ekonomi
2. motif ekonomi
3. motif nonekonomi
4. prinsip ekonomi
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Tuliskan satu contoh tindakan ekonomi!
2. Tuliskan satu contoh motif ekonomi!
3. Tuliskan satu contoh motif nonekonomi!
4. Tuliskan satu contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan siswa sehari-hari!
III. Unjuk Kerja
Wawancarailah ayah atau ibu kamu! Tanyakan apa motif ayah/ibu bekerja? Tanyakan pula apa motif ayah/ibu membeli rumah, kendaraan, atau membeli barang untuk disumbangkan kepada korban bencana alam? Buatlah laporan hasil wawancara lalu presentasikan di depan kelas!

7 komentar:

dhyta mengatakan...

Assalamualikum Wr. Wb. Saya Nabila Ramanindhita dari SMP al-falah Delta Sari kelas 7.2. Menurut saya blog ini sgt berguna apalagi untuk para pelajar. Blog ini sgt bermanfaat dan menambah wawasan.Semoga blog ini dapat dibaca semua orang. AMIN.

dhyta mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Nabila Ramanindhita dari SMP al-Falah Deltasari kelas 7.2. Menurut saya blog ini sangat berguna untuk para pelajar untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.Semoga blog ini dapat dibuka semua orang dan bermanfaat.Amin.

Auke Herdyansah mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb. Ustadz, saya auke herdyansah dari kelas 7.1 SMP Al-Falah Deltasari. Saya sering membaca web ini sebelum ada pelajaran ips keesokan harinya, alhamulillah web ini sangat berguna bagi saya ada beberapa rangkuman di web ini yang tidak ada di buku ips yang saya gunakan. Semoga web ini sangat berguna bagi semua orang entah murid ataupun guru ips.
sekian komentar dari saya.
Wasalammualaikum Wr. Wb.

colorful mengatakan...

Assalamualaikum, Ustad..
Ini Valya [ klasz 7.2 ]
nng.. sbnernya saya iseng2 ajja ngasih komentar,, [ habisnyah, apa yg mau dikomentarin ?? ]
Ya.. kalo menurut saya blog ini sangat sangat berguna,,
jadi, kalo lagy libur anak2 bisa baca2 materi di blog ini [ kan buku paket juga ada yg gag lengkap ]
kalo dipikir-dipikir..
blognya ustad keren juga [ jangan ke-PD an .. ^_^ ] blog ini dibikin gara2 ustad males fotocopy-in modul y ?? wkwkwk.
y udah de,,
itu ajja..
smoga nni blog brmanvaat bagi nusa dan bangsa [ weleh2.. ]
amiiiiin...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

bimo mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Iqbal Bimantoko dari kelas 7-1 SMP Al Falah Deltasari. Saya sering membaca web di Internet tapi baru kali ini saya membuka web yang isinya tentang pelajaran IPS. menurut saya sangat bermanfaat tidak hanya teman2 di Al Falah tapi juga untuk dunia luar. semoga selalu bermanfaat amin.

Mayke Triselda mengatakan...

. selamat malam,.
,saya Mayke saya dari smp negeri satu waru,
,saya cuma sedang mencari tugas di web ini tapi,
setelah saya liat2 dan saya baca.
,cukup menarik dan bagi saya sangat Mudah Untuk saya memahami.
.ini sagat menambah wawasan saya,,
.ini sangat berguna '' amin''

Kholil Al Qusyairi mengatakan...

sangat membantu gan........
thank's ya dah share ini